MATERI 3 BAB 2 TENTANG IKLAN , SLOGAN, DAN POSTER


 

MATERI KE-3 BAB 2 TENTANG IKLAN, SLOGAN DAN POSTER

MATERI POKOK                 : TEKS IKLAN, SLOGAN, DAN POSTER

Pembelajara Teks Iklan, Slogan, dan Poster diberikan kepada peserta didik kelas VIII  semester ganjil untuk jenjang pendidikan SMP. Materi teks iklan, slogan, dan poster merupakan salah satu materi prasyarat agar peserta didik mampu menguasai materi tersebut.

Setelah mempelajari materi ini diharapkan peserta didik memiliki kompetensi yaitu:

A.    Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi

 

NO.

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

PENCAPAIAN

KOMPETENSI

1.

Kompetensi Pengetahuan

3.3. Mengidentifikasi informasi teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.

 

IPK Penunjang:

3.3.1 Menentukan unsur teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.

IPK Kunci:

3.3.2. Mengidentifikasi informasi teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.

IPK Pengayaan:

3.3.3. Membandingkan informasi teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.

 

2.

Kompetensi Keterampilan

4.3. Menyimpulkan isi iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber.

IPK Penunjang:

4.3.1 Menyebutkan isi iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber.

IPK Kunci:

4.3.2. Menyimpulkan isi iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber.

IPK Pengayaan:

4.3.3. Menyajikan isi iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber.

 

      

B.     Tujuan Pembelajaran:

Melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning, berbantuan LKPD diharapkan peserta didik dapat:

1.      Mengidentifikasi informasi teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.

2.      Menyimpulkan isi iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber.

3.      Menyelesaikan soal bertipe HOTS yang berkaitan dengan teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca

dengan tekun, tanggung jawab dan percaya diri.

 

C.    Materi Pembelajaran

Materi Pembelajaran Reguler

Faktual:

1.      Menentukan Unsur-Unsur Iklan, Slogan, dan Poster

a.      Pengertian dan Fungsi Iklan, Slogan, dan Poster

Iklan adalah teks yang mendorong, membujuk khalayah agar tertarik pada barng dan jasa yang ditawarkan.

Iklan disampaikan melalui media massa, seperti telivisi, radio, surat kabar, dan internet. Unsur yang ditampilkan adalah gambar, gerak, kata-kata atau suara.

Iklan merupakan sarana yang banyak digunakan untuk kepentingan-kepentingan:

1.      Bagi perusahaan bisnis komersial, untuk menjual barang dan jasa.

2.      Bagi dunia perkantoran, untuk mendapatkan karyawan.

3.      Bagi Pemerintah, untuk menyebarkan informasi dan memberikan layanan masyarakat.

4.      Bagi perorangan, untuk membeli dan menjual barang-barang pribadi.

Slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang dipakai sebagai dasar tuntunan (pegangan hidup); prinsip utama dari suatu usaha, organisasi.

Slogan juga disebut moto atau semboyan. Slogan lebih mengutamakan kepadatan makna dan kehematan kata-kata.

Contoh Slogan:

Tiada hari tanpa prestasi.

 (Slogan tentang pentingnya mengukir presasi setiap hari).

Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh.

(Slogan tentang perlunya persatuan dan kesatuan).

Poster adalah plakat (kata-kata dan gambar) yang dipajang di tempat-tempat umum, berisi pemberitahuan suatu ide, hal baru, hal penting kepada khalayah ramai.Poster mengandalkan perpaduan gambar dan kata-kata. Poster menggunakan kata-kata yang singkat, jelas, menarik, dan lengkap.

b.      Unsur-Unsur Iklan, Slogan, dan Poster

Berdasarkan contoh-contoh sebelumnya tampak perbedaan antara iklan, slogan, dan poster. Tujuan ketiganya sama untuk membujuk khalayah berbuat sesuatu.

Perbedaan antara iklan, slogan, dan poster:

1.      Iklan merupakan teks persuasif yang memadukan unsur gambar dengan kata-kata, unsur gerak, dan suara.

2.      Slogan merupakan teks persuaasif yang mengutamakan unsur kata-kata.

3.      Poster merupakan teks persuasif yang mengutamakan kekuatan gambar dan kata-kata; dipajang di tempat-tempat umum.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan tabel berikut!

Bentuk Teks

Unsur-unsur

 

 

 

 

Gambar

Kata-kata

Gerak

Suara

a.       Iklan

v

v

v

v

b.      Slogan

-

v

-

v

c.       Poster

v

v

-

-

 

2.      Menyimpulkan Informasi dan Pesan dalam Iklan

a.      Unsur-Unsur Pembentuk Iklan

Unsur-unsur pembentuk iklan yaitu:

1.      Sumber adalah pemasang iklan, yang berinisiatif, dan penyandang dana dari pemasangan suatu iklan.

2.      Pesan adalah informasi yang disampaikan.

3.      Media adalah sarana yang digunakan, misalnya media cetak, elektronik, dan saarana-sarana lainnya.

4.      Penerima adalah individu atau kelompok masyarakat yang menjadi sasaran / objek iklan.

5.      Efek adalah perubahan yang terjadi pada diri penerima, baik itu dalam aspek sikap, pola pikir, perilaku, kebiasaan, dan pola hidup.

6.      Umpan balik adalah tanggapan,reaksi, atau respon yang dikehendaki dari penerima pesan.

b.      Penyimpulan Maksud Suatu Iklan

Berdasarkan isinya iklan dibagi menjadi 3 yaitu:

1.      Iklan pemberitahuan.

2.      Iklan layanan masyarakat.

3.      Iklan penawaran.

Klasifikasi periklanan ada 2 yaitu:

1.      Iklan strategid, digunakan untuk membangun merek ataupun citra positif suatu perusahaan.

2.      Iklan taktis, dirancang untuk mendorong konsumen agar segera melakukan respon dengan merek tertentu.

Tujuan atau fungsi iklan yaitu:

a.       Fungsi informasional. Iklan memberitahukan kepada konsumemn tentang karakteristik suatu prodak dan manfaat yang mereka peroleh.

b.      Fungsi transformasional, iklan berusaha untuk mengubah sikap-sikap yang dimiliki oleh konsumen terhadap merek, pola-pola belanja, gaya hidup, teknis-teknis mencapai sukses.

c.       Menceritakan Kembali Teks Iklan

                       

D.    Sumber Belajar

1.      Buku Paket Bahasa Indonesia Kelas VIII.2017. (H. 28-39)

2.      Buku Guru Bahasa Indonesia

3.      Sumber: htts://www.cryptowi.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Vidio anak membantu orang tua

 Semoga vidio ini menginspirasi semua anak anak disaat situasi kondisi seperti ini